Pages

Saturday, November 06, 2010

RSUP Klaten Rawat 117 Korban Merapi

RSUP Klaten Rawat 117 Korban Merapi
Klaten (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro Klaten Jawa Tengah, hingga Sabtu pagi, merawat 117 pasien akibat letusan Gunung Merapi.

"Para korban luka masih terus berdatangan hingga Jumat malam dan pagi ini," kata staf bagian hubungan masyarakat (humas) RSUP Soeradji Tirtonegoro, Rita Atmi, di Klaten, Sabtu.

Dia menjelaskan korban luka masih didominasi warga asal Kecamatan Kemalang, Klaten, dan Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta.

Beberapa korban yang masuk pada Jumat malam, kata Rita, berasal dari Kecamatan Manisrenggo, Klaten.

Hampir 50 persen dari jumlah korban mengalami luka bakar hingga stadium 60 persen dan menjalani perawatan intensif di ruang perawatan khusus korban Merapi dan beberapa bangsal ruang inap lainnya.

Dua orang korban luka mengalami luka bakar 80 persen sementara seorang lainnya mengalami luka bakar 90 persen dan dirawat di ruang "intensive care unit" (ICU).

Tidak hanya karena luka bakar, Rita mengatakan para korban mengalami luka-luka karena kecelakaan saat proses evakuasi dan infeksi saluran pernapasan akut.

Hingga saat ini, lanjut dia, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro masih menyiagakan belasan tempat tidur untuk para korban erupsi Merapi karena proses evakuasi di beberapa desa yang terkena dampak langsung awan panas Merapi pada Jumat dini hari, masih terus berlangsung.
(ANT/A024)

No comments: