Pages

Saturday, September 29, 2007

PAKAN IKAN DARI LIMBAH SAWIT

Pengolahannya cukup sederhana, yaitu melalui proses fermentasi yang mengundang perkembangan larva lalat (maggot). Tepung maggot ini merupakan pakan ikan alternatif yang menggunakan campuran maggot dan dedak sebagai bahan utamanya.

Maggot diperoleh dari telur-telur lalat blacksolder (Hermetia illucens). Sebagai media bertelurnya digunakan limbah pengolahan inti atau biji sawit.

Limbah tersebut difermentasi dengan cara dicampur air. Campuran limbah sawit ditempatkan dalam tong yang diberi beberapa lubang udara.

Satu minggu

Dalam satu minggu telur-telur lalat blacksolder sudah akan terlihat. Larva blacksolder ini sangat rakus terhadap bahan organik dan juga larva lalat jenis lain, seperti lalat rumah yang notabene sebagai pembawa penyakit potensial.

Maggot usia satu minggu hingga enam minggu dapat langsung digunakan sebagai pakan ikan disesuaikan dengan besarnya ikan. Kandungan protein yang tersimpan dalam tubuh maggot dapat menghasilkan bahan pakan hewan yang berkualitas baik.

Industri perkebunan kelapa sawit menghasilkan limbah padat yang jauh lebih besIndustri perkebunan kelapa sawit menghasilkan limbah padat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Salah satu limbah padat yang dihasilkan industri kelapa sawit adalah tandan kosong sawit yang jumlahnya diperkirakan sebesar 20% dari tandan buah segar yang diolah. Pemanfaatan tandan kosong sawit yang telah dilakukan antara lain untuk ketas cetak dan kraft skala pilot, papan partikel dan pemanfaatan tandan kosong sawit sebagai bahan baku produk berbasis serat.

Salah satu pemanfaatan tandan kosong yang lain adalah pembuatan serat berkaret. Selama ini serat berkaret terbuat dari sabut kelapa yang ketersediaannya semakin berkurang. Namun penggunaan produk serat berkaret semakin luas, seperti bahan kerajinan (sikat, alas kaki, karpet, tali, jala ikan), pengisi kasur, filter udara, jok mobil, dan bahan pengepak di industri. Serat tandan kosong sawit mempunyai potensi yang cukup besar sebagai bahan baku produk serat berkaret. Secara makroskopis, serat tandan kosong sawit (10,5 – 16,3 cm) memiliki panjang serat yang hampir sama dengan serat sabut kelapa (11,4 – 16,4 cm) sehingga bisa digunakan sebagai bahan baku produk serat berkaret. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi (67,88%), serat tandan kosong sawit akan menghasilkan rendemen serat yang tinggi.

No comments: