Pages

Thursday, October 07, 2010

Saatnya Mendorong Hilirisasi Sawit


ANTARA/Saptono
PROGRAM hilirisasi sawit akan digencarkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan sekaligus sebagai nilai tambah sawit di dalam negeri.

Program ini sendiri adalah upaya pemerintah untuk membangun industri pengolahan produk mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.

Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar mengatakan, kelapa sawit merupakan sektor penting karena memberikan lapangan pekerjaan lebih dari lima juta orang di Indonesia serta berkontribusi penting pada produk domestik bruto dan ekspor nasional.

"Dengan adanya hilirisasi, tenaga kerja yang terserap akan semakin banyak dan komitmen tersebut sesuai dengan Inpres No.1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan," kata Mahendra seperti dikutip dari Antara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mahendra menyatakan, dalam jangka pendek, pemerintah akan meningkatkan produksi biodiesel berbasis sawit dan minyak goreng.

Untuk memajukan program hilirisasi sawit, pemerintah telah meminta 14 perusahaan minyak sawit nasional untuk menjadi pionir. Nah, perusahaan ini diminta untuk membangun pabrik pengolahan minyak sawit. (*)

No comments: